Hubble menangkap bintang yang 20 kali lebih besar dari Matahari

06/09/2023

Teleskop Luar Angkasa Hubble yang legendaris, yang dioperasikan bersama oleh NASA dan ESA, telah menangkap gambar menakjubkan dari pembibitan bintang. Rekaman yang dirilis pada 28 Agustus menunjukkan langit dipenuhi bintang-bintang muda yang terang, termasuk bintang raksasa yang 20 kali lebih besar dari Matahari.

Sujet a lireBerita: Apa situs survei berbayar terbaik?

Dalam gambar yang diambil dengan instrumen Wide Field Camera 3 Hubble, terlihat ratusan bintang berwarna kebiruan dan beberapa bintang kecil berwarna kuning dan oranye. Latar belakangnya berwarna keabu-abuan karena debu kosmik, dengan beberapa wilayah berwarna hitam dan oranye.

Pada gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, terlihat bintang-bintang muda berwarna kebiruan (Kredit:
ESA/Hubble & NASA, JC Tan (Universitas Chalmers & Universitas Virginia))

A lire égalementBerita: Apa orientasi antena DTT?

Baca selengkapnya:

Supermasif itu meledak

Di tengah gambar, di balik pita vertikal gelap, terdapat protobintang supermasif yang dikenal sebagai OH 339.88-1.26. Meski masih membentuk dan mengumpulkan materi dari awan debu dan gas di sekitarnya, massanya sudah sekitar 20 kali lebih besar dari Matahari.

Menurut Badan Antariksa Eropa, bintang tersebut terletak di konstelasi Ara, sekitar 8.900 tahun cahaya dari Bumi, tersembunyi di balik awan debu dan gas.

Jalur debu gelap yang berkelok-kelok melewati gambar ini, yang juga dipenuhi bintang terang dengan puncak difraksi yang saling bersilangan. Pita vertikal gelap di tengah gambar ini menyembunyikan OH 339.88-1.26, yang merupakan radiasi astrofisika.

ESA, dalam sebuah pernyataan

Pengamatan pembibitan bintang Hubble didukung oleh observatorium lain seperti Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), yang memiliki 66 antena presisi tinggi yang tersebar pada jarak hingga 16 kilometer, dan Stratospheric Observatory for Astronomy Independent (SOFIA), saat ini pensiun dan beroperasi dari pesawat Boeing 747.

Sudahkah Anda menonton video baru kami di Youtube? Berlangganan saluran kami!

Maya Suryanto

Maya Suryanto adalah seorang jurnalis yang penuh gairah yang berasal dari Bandung. Ia telah mengkhususkan diri dalam meliput masalah hak asasi manusia dan ketidakadilan sosial di Indonesia. Maya telah menghabiskan bertahun-tahun untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia, termasuk kasus kerja paksa dan eksploitasi anak. Liputannya yang penuh keberanian telah mengungkap kejahatan tersebut dan berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu penting ini. Sebagai seorang jurnalis yang berkomitmen, Maya terus memberikan suara kepada para korban dan berjuang untuk perubahan positif dalam masyarakat Indonesia.

Go up